Profile

Join date: Sep 24, 2022

About

7 Rekreasi Kulineran Madura yang Memikat Lidah



Sate. Untuk beberapa orang, kata tersebut yang pertama tebersit di pikiran dan pemikiran saat ditanyakan masalah kulineran ciri khas Madura. Sate Madura benar-benar sangat populer dan legendaris. Nyaris di beberapa wilayah di Indonesia baik di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tengggara sampai Papua tentu bisa diketemukan penjual sate Madura dengan style uniknya yakni pakaian loreng merah putih dan tutup kepala serupa udeng.


Selainnya sate, Madura rupanya masihlah mempunyai bermacam kulineran ciri khas yang tidak kalah terkenalnya dengan sate yang terlebih dahulu go-international. Sebutlah saja soto Madura yang mempunyai kekhasan berbentuk potongan telur rebus dan kentang goreng dengan kuah pekat, bebek Songkem yang renyah dan empuk, dan ada banyak kembali jejeran rekreasi kulineran Madura yang populer. Bila Anda merencanakan akan ke Madura dan menelusuri tempat rekreasi di Madura dan memburu kulineran, yakinkan daftar kulineran ciri khas Madura berikut ini tidak Anda terlewat.


Selainnya dikenali sebagai kota garam, Madura dikenal juga karena bermacam kulineran uniknya yang lama-lama semakin terkenal dan jadi sasaran banyak wisatawan ketika bertandang ke Madura. Sekarang ini, kota Madura lebih ramai dan kerap didatangi pelancong karena kehadiran Jembatan Suramadu yang menyambungkan daerah Surabaya dan Madura. Keindahan kontur jembatan ini jadikan banyak pelancong memang menyengaja menyempatkan diri untuk berkunjung Madura melewati jembatan ini untuk mencicip kulineran uniknya. Apa sajakah? Baca daftar dari https://www.libur.co/kulinery berikut berkenaan Rekreasi Kulineran Madura :


1. Sate Madura

Sate terang ialah kulineran Madura yang terpopuler. Tidak terhitung jumlahnya penjual sate ciri khas Madura yang bisa kita dapatkan di pelosok beberapa kota lain. Sate Madura dengan bahan dasar daging ayam. Ciri-ciri uniknya ialah bumbu kacangnya yang legit dan beraroma benar-benar ciri khas.


Sate Madura mengombinasikan daging dan kulit ayam dengan cocok setiap tusuknya hingga saat dibakar lemak yang dari kulit ayam mengikat prima dalam daging dan membuat rasa yang hebat.


Satu porsi sate Madura dihidangkan dengan siraman bumbu kacang, kecap, potongan bawang merah mentah dan cabai. Sate Madura dapat dikonsumsi bersama lontong atau nasi sesuai dengan selera. Tetapi, sate Madura umumnya umum dihidangkan bersama lontong yang dibuntel daun pisang dan akan membuat kombinasi rasa yang sedap dan renyah.


2. Soto Madura

Kulineran ciri khas Madura yang lain tidak kalah populernya dengan sate ialah soto Madura. Penjual soto Madura secara mudah bisa kita dapatkan di beberapa wilayah di Indonesia. Soto Madura mempunyai beberapa detil yang lain dengan soto-soto lain yakni kuahnya yang sedikit pekat dan renyah dan dihidangkan dengan potongan telur rebus dan kentang yang dimasak garing seperti keripik.


Daging yang dipakai dalam soto Madura ialah daging sapi. Jika di umumnya wilayah kuah soto umumnya bening, kuah soto Madura warna kuning karena pemakaian kunyit hingga menambahkan elok penampilan soto itu. Di Madura, pelancong bisa secara mudah mendapati penjual soto Madura yang bersebaran di beberapa tempat.


Saat melahap soto Madura, janganlah lupa untuk menambah jeruk nipis dan taburan bawang goreng. Juga bisa menambah lauk tambahan yang lain umumnya dihidangkan oleh penjual soto seperti sate usus, sate telur puyuh, sate hati dan krupuk. Semua ditanggung semakin menambah citasa soto Madura jadi lebih renyah dan oke.


3. Bebek Songkem

Kulineran Madura memang tidak dapat dipisah dari bebek. Fans daging bebek haram hukumnya melewati kulineran bebek satu ini saat tiba ke Madura. Bebek Songkem ialah olahan bebek ciri khas Madura yang dari wilayah Sampang.


Bebek Songkem diproses dengan diberi bumbu bermacam rempah lalu dikukus dengan daun pisang sepanjang beberapa saat sampai daging empuk. Rasa bebek ini benar-benar sedap dan medhok karena pemakaian rempah dan proses pemasakan yang lama.


Selainnya pemakaian rempah yang kuat, bebek Songkem memercayakan tehnik mengolah memakai daun pisang yang semakin keluarkan wewangian sedap dan renyah dari daging bebek. Bebek ini rendah cholesterol karena diproses tidak dengan dimasak. Ada filosofi khusus dibalik nama Songkem yakni jaman dulu setiap dusun di Madura tentu mempunyai kyai yang mengajarkan anak-anak mengaji dengan suka-rela. Sebagai rasa hormat ke si kyai, orangtua di Madura juga kerap berkunjung ke tempat tinggal si kyai bawa oleh-oleh berbentuk olahan daging bebek yang dikukus dengan rempah. Dari sini asal mula nama Songkem yang memiliki arti sungkeman.


4. Lorjuk

Madura ialah sebuah wilayah pesisir yang dekat sama laut. Tidaklah aneh, di Madura banyak oleh makanan yang dibuat dari hewan laut. Satu diantaranya ialah Lorjuk. Lorjuk ialah semacam kerang berwujud gepeng dan panjang yang berada didalam pasir di pinggiran pantai -pantai di Madura.


Lorjuk banyak diketemukan dan dicari saat air laut sedang diolah. Lorjuk biasa diproses sebagai sajian oseng atau rica-rica pedas pengiring nasi oleh ibu-ibu rumah tangga di Madura, tetapi olahan Lorjuk yang terpopuler ialah keripik Lorjuk. Keripik Lorjuk ini bercitasa rasa renyah dan gurih hingga dijadikan oleh-olehan ciri khas Madura.


Umumnya, lorjuk bisa juga dikonsumsi sebagai lauk untuk makan nasi walau semakin banyak dikonsumsi sebagai camilan enteng. Keripik ini benar-benar terkenal dan Anda jangan melewati untuk membeli sebagai oleh-olehan ciri khas Madura. Lorjuk cuma bisa dijumpai di Madura, karena kekhasannya itu, tidak boleh terlewat untuk membeli saat bertandang ke Madura.


5. Otok

Selainnya keripik Lorjuk yang renyah, pelancong mempunyai alternatif lain saat tiba ke Madura dan akan beli oleh-olehan ciri khas. Ialah Otok, cemilan ciri khas Madura yang dibuat dari biji kacang panjang dan diberi bumbu dengan bumbu ciri khas Madura yang asin, renyah dan agak pedas.


Otok benar-benar cocok jadi camilan untuk temani perjalanan Anda pulang kembali lagi ke kota asal atau jadi oleh-oleh untuk famili dan rekan. Otok bisa diketemukan secara mudah di toko oleh-olehan yang berada di Madura. Harga yang relatif murah dan rasanya yang asin, renyah dan gurih benar-benar disukai pelancong sebagai opsi oleh-olehan yang cocok untuk keluarga di dalam rumah. Otok cuma bisa dijumpai di Madura, karena kekhasannya itu, tidak boleh terlewat untuk membeli saat bertandang ke Madura.


6. Topak Ladeh

Jika kulineran ciri khas Jawa tengah mempunyai menu opor dan kare sebagai menu wajib buat dihidangkan saat hari raya Lebaran, karena itu Makanan Khas Padang sebagai berlangganan untuk dihidangkan pada hari Lebaran atau beberapa hari penting yang lain ialah Topak Ladeh.


Topak Ladeh ialah makanan berkuah santan serupa dengan opor, tetapi perbedaannya masakan ini diberi bumbu pedas dan kuahnya warna merah pekat dengan isian daging sapi dan lontong. Bumbu yang dipakai dalam Topak Ladeh ini juga serupa dengan opor, tetapi pemakaian beberapa rempah-rempah tambahan dan cabai merah semakin menambah rasa masakan ini demikian kuat dan sedap.


Topak Ladeh juga bisa dihidangkan dengan ketupat. Saat hari raya Lebaran datang, dapat ditegaskan banyak beberapa rumah di Madura yang jelas menyuguhkan menu yang ini sebagai sajian ciri khas sama dengan ketupat. Topak Ladeh benar-benar sedap dan khusus karena tidak tiap hari dibikin dan dihidangkan. Tidak boleh lupakan krupuk saat Anda melahap menu berlemak yang benar-benar sedap ini.


7. Tajin Sobih

Pertama kalinya menyaksikan penampilan makanan yang ini, beberapa orang langsung akan terpikir dengan bubur. Ya, tajin sobih merupakan makanan ciri khas Madura berbentuk bubur, tetapi dengan bahasa Madura bubur disebutkan dengan tajin dank tempat makanan ini datang dari Dusun Sobih di Bangkalan, karena itu menu ini juga dinamakan Tajin Sobih.


Kulineran ini dibaut dari kombinasi tepung ketan dan tepung terigu, lalu diguyur dengan cairan gula merah dan dihidangkan di atas daun pisang. Rasanya manis dan legit ciri khas bubur manis. Kulineran ini lebih banyak ditawarkan dengan dipikul memakai bakul oleh ibu-ibu di Madura. Walau menu ini termasuk simpel, tetapi masyarakat Madura benar-benar suka melahap menu ini sebagai menu pembersih mulut setelah melahap sajian berat yang berlemak. Umumnya, tajin sobih ini dikonsumsi setelah nikmati rujak cingur atau menu masakan dari bumbu kacang yang lain.

S
Shelly Graves

Shelly Graves

More actions